Senin, 26 Maret 2018

BUDAYA SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN DAN BUDAYA ANTRI 

DI SD NEGERI GOA

        Penanaman prilaku yang baik haruslah ditanamkan sejak dini. Permasalahan moral dan etika merupakan isu utama pada setiap diskusi pendidikan hal ini patut menjadi perhatian karena interaksi sosial haruslah berlandaskan etika dan kesopanan sehingga manusia sebagai individu sosial dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat sebagai individu seutuhnya.
        Hal ini juga menjadi fokus perhatian SD Negeri Goa, senada juga dengan visi SD Negeri Goa yaitu "terwujudnya warga sekolah yang berbwawasan global dilandasi nilai-nilai budaya dan imataq kepada Allah Swt. Dari visi tersebut jelaslah tujuan utama diselenggarakannya pendidikan di SD Negeri Goa yaitu siswa yang cerdas secara Intelektual, Emosional, dan Spiritual. Engkau akan dihargai bila menghargai, setidaknya untaian kata sederhana itu dapat menggambarkan diri seorang individu apabila memiliki budi pekerti yang baik maka akan dapat dihormati dan dihargai orang lain.
        SD Negeri Goa memiliki brand yaitu "Sekolah Cerdas Berbudaya", maksud dari brand itu adalah sekolah yang memiliki siswa siswi yang cerdas dan memiliki etika yang baik. Usaha untuk menanamkan dan menggalakkan brand tersebut diaktualisasikan pada berbagai program dan kegiatan pendidikan di SD Negeri Goa yang terus konsisten dilakukan secara terus menerus. Diantara program-program tersebut adalah:
1. Kegiatan ROHIS setiap pagi Jum'at
2. Shalat Dzuhur berjama'ah yang dilanjutkan dengan ceramah kultum.
3. Membiasakan salam sebelum masuk kelas kepada semua guru
4. Membiasakan antre ketika belanja dikantin
5. Menghimbau kepada siswa untuk berwudu sebelum berangkat sekolah
6. Berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai
Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar