Minggu, 07 Mei 2017

KEGIATAN ROHIS UNTUK PENANAMAN KARAKTER ISLAMI SISWA SD NEGERI GOA


Kerohanian dan Keislaman atau sering disingkat dengan ROHIS merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap pagi Jumat di SD Negeri Goa, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menanamkan karakter yang Islami pada peserta didik SD Negeri Goa. Program unggulan ini selalu dikoordinir oleh Guru Pendidikan Agama Islam yaitu Ibu Ratna Juita, S.Pd.I, yang merupakan figure guru yang pekerja keras, tekun, displin dan memiliki profesionalisme yang tinggi terhadap pendidikan yang dijalaninya khusunya pengabdian di SD Negeri Goa, sehingga program ROHIS selalu terlaksana secara maksimal setiap pagi Jumat. Para siswa siswi SD Negeri Goa selalu antusias mengikuti program ini, terbukti siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 selalu datang pagi-pagi yakni pukul 06.45 semua siswa sudah berada disekolah karena kegiatan ROHIS sudah dimulai pada pukul 07.00 Wita.
Keikutsertaan kepala sekolah, semua dewan guru dan tenaga kependidikan turut menambah kekhidmatan berjalannya kegiatan ini, mengingat program ini sangat potensial untuk meningkatkan kebersamaan dan soliditas antar guru dan karyawan SD Negeri Goa.
Beberapa tahapan kegiatan ROHIS ini memiliki sisi positif yang besar yaitu mulai dari pembawa acara (MC) yang bertujuan untuk melatih mental dan keberanian siswa untuk tampil dimuka umum sehingga dikemudian hari dapat menjadi pembawa acara yang berkualitas. Selanjutnya adalah pemandu dalam membaca surah yasin, ini untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran karena sudah semestinya sebagai pribadi muslim harus mampu membaca Al-Quran, jika tidak maka suatu keaiban dalam diri seorang siswa tersebut, dan guru akan memberikan teguran agar dapat mempelajari Al-Quran. Peran lain dalam kegiatan ROHIS ini adalah ceramah singkat yang disampaikan oleh siswa, penyampaian ceramah singkat ini sangat berdampak positif dalam melatih kemampuan siswa berbicara di depan publik dalam menyampaikan buah fikiran yang berkaitan dengan pengetahuan keagamaan. Keberanian dan mental untuk tampil juga turut diasah semakin baik.
Pada tahapan akhir adalah penyampaian ceramah/nasehat dari guru kepada para siswa, siraman rohani yang disampaikan oleh guru sangat bermanfaat karena pada kesempatan itu perhatian siswa tertuju pada guru yang menyampaikan nasehat-nasehat agama yang berkatian dengan perilaku-perilaku yang harus ditanamkan pada diri setiap anak sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adab dan sopan santun terhadap guru dan sesama teman, adab dalam menuntut ilmu serta hikmah-hikmah kehidupan yang sangat bermanfaat bagi siswa.
Kegiatan ROHIS ini semoga terus hidup dan berjalan setiap pagi Jumat demi menciptakan karakter-karakter siswa yang Islami demi menangkal pengaruh-pengaruh globalisasi yang tidak terbendung, pergaulan bebas yang sangat mengkhawatirkan. SD Negeri Goa berkomitmen untuk terus menmbuhkembangkan pribadi, moral, etika dan akademik siswa dengan maksimal.
Oleh: Suhaemi, S.Pd















Tidak ada komentar:

Posting Komentar